Peran Deep Learning dalam Meningkatkan Efektivitas Sistem Pendidikan pada Sekolah Dasar dan Menengah: Kajian untuk Rekomendasi Kebijakan Nasional
DOI:
https://doi.org/10.35964/almunawwarah.v17i2.423Keywords:
Deep Learning, Efektivitas Pendidikan, Kebijakan NasionalAbstract
Pendidikan di Indonesia menghadapi tantangan signifikan dalam meningkatkan mutu dan relevansi, terutama pada jenjang sekolah dasar dan menengah. Dalam menghadapi berbagai tantangan pendidikan di Indonesia, pendekatan Deep Learning dalam konteks pedagogi muncul sebagai kerangka transformatif yang menjanjikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara komprehensif peran pendekatan Deep Learning (pembelajaran bermakna, berkesadaran, dan menggembirakan) dalam meningkatkan efektivitas sistem pendidikan pada jenjang sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Kajian ini juga akan merumuskan rekomendasi kebijakan nasional untuk implementasi yang optimal. Menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mensintesis berbagai literatur ilmiah nasional dan internasional, termasuk jurnal, buku, dan dokumen kebijakan. Analisis difokuskan pada identifikasi konsep, mekanisme, dampak empiris, tantangan, dan keselarasan dengan konteks pendidikan Indonesia. Deep Learning merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada pemahaman makna dan hubungan antar konsep secara komprehensif. Model pembelajaran ini berfokus pada pengembangan pemahaman yang lebih dalam terhadap materi pelajaran melalui pengalaman belajar yang menyeluruh, dimana siswa tidak hanya terlibat secara kognitif tetapi juga secara emosional dalam proses pembelajaran mereka. Hasil dan Pembahasan pada penelitian ini membahas tentang konsep deep learning, urgensi deep learning, keselarasan dengan kurikulum Merdeka, 3 komponen utama pada deep learning, dampak deep learning secara holistic, tantangan dalam implementasi deep learning dan rekomendasi kebijakan untuk deep learning.
References
Adrie. 2019. “Peningkatan Kinerja Pelayanan Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) Dalam Perspektif Hukum Kepegawaian.” jurnal Yustitia 13(2): 1–15. https://www.ojs.unr.ac.id/index.php/yustitia/article/view/394.
Bustan. 2022. “Problematika Sistem dan pengembangan Pembelajaran.” 4(1): 572–75.
Fong, Carlton J. et al. 2017. “A meta-analysis on critical thinking and community college student achievement.” Thinking Skills and Creativity 26: 71–83.
Hujjatul Islami, Fahmi. 2015. “KAJIAN LITERATUR MODEL PEMBELAJARAN BERMAKNA (MEANINGFUL LEARNING).” Proceedings of the National Academy of Sciences 3(1): 1–15.
Husni Rahiem, Maila Dinia. 2025. “Connection Between Deep Learning and High Quality Learning Strategies _ Syarif Hidayatullah State Islamic University Jakarta Official Website.”
Krismayanti, Yanti. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Mindfulness Untuk Pengembangan Etika Siswa Sekolah Dasar.” Educational Journal of Bhayangkara 4(2): 56–63.
Kurniawati, Ika, dan Syamsul Hadi. 2023. “Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Learning Berbasis TVE untuk Jenjang SMA.” Jurnal TEKNODIK 27(2): 59–74.
Lee, Jean. 2025. AI, Pembelajaran Mesin, Pembelajaran Mendalam_ Apa Bedanya.
Mahmud. 2025. “Deep Learning Pendidikan: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menerapkannya di Sekolah.” https://www.dealearningcenter.id/deep-learning-dalam-pendidikan/.
Moh. Fachri, Abd. Hamid Wahid, Hasan Baharun, Khatijatul Lailiyah. 2020. “Joyful Learning Berbasis Hypercontent Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Di Sekolah.” Jurnal Edureligia 04(02): 170–84.
Muhammad Armando Mahendra. 2025. “Pendidikan di Indonesia: 10 Tantangan Utama yang Menghambat Kemajuan.” DiklatKerjaBlog. https://www.diklatkerja.com/blog/pendidikan-di-indonesia-10-tantangan-utama-yang-menghambat-kemajuan.
Nofamataro Zebua. 2025. “Education Transformation : Implementation of Deep Learning in 21st-Century Learning.” Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan 2(2): 146–52.
Nurhasanah, Siti. 2024. Statistika Pendidikan Teori, Aplikasi dan Kasus. 2 ed. ed. Didik Erma Irawan. Jakarta.
Pangaribuan, Riama. 2025. “Mewujudkan Joyful Learning dalam Pembelajaran - Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi.”
Sorring, Priska, Faidah Yusuf, dan Jumriyah Amir. 2024. “PENERAPAN MODEL MEANINGFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV UPT SPF SDN PANNYIKOKANG I.” Global Journal Education Science and Technology (GJST) 1(3): 259–63.
Sujinem. 2025. “Understanding the Implementation of Deep Learning Approach in English Teaching for SMA.” Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran 5(1): 54–70.
Suryadi, Asip. 2025. “Ciri Deep Learning.”
Suyanto. 2025. “Naskah Akademik Pembelajaran Mendalam Menuju Pendidikan Bermutu untuk Semua.” Kementrian Pendidikan Dasar dan Menengah.
Taufiq, Muhammad. 2025. “Tantangan Pendidikan Dasar dan Menengah Menuju Indonesia Emas 2045 - Berlian Media.”
Wang, Qing, Yuanyuan Zhang, Ying Zhang, dan Tingwei Chen. 2023. “The Impact of Mindful Learning on Subjective and Psychological Well-Being in Postgraduate Students.” Behavioral Sciences 13(12).
Yue, Chang. 2023. “A Meta-analysis based Study of the Factors Influencing Students’ Engagement in Classroom Learning.” : 772–77.
Zhang, Lu, dan Yan Ma. 2023. “A study of the impact of project-based learning on student learning effects: a meta-analysis study.” Frontiers in Psychology 14(July): 1–14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Febia Ghina Tsuraya, Jihan Zalika Rachman, Muhamad Aldi Fadli, Rizqi Fauzia Zidani, Umi Khoiriyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


