STRATEGI PEMASARAN PERGURUAN TINGGI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MAHASISWA BARU DI STAI NW SAMAWA SUMBAWA BESAR
STRATEGI PEMASARAN STAI NW SAMAWA MENGGUNAKAN BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)
Keywords:
Strategi, Pemasaran, Perguruan Tinggi, Mahasiswa BaruAbstract
Pemasaran menjadi kebutuhan pada lembaga, mengingat perkembangan pasar dan persaingan yang semakin ketat. Strategi pemasaran merupakan ujung tombak dari suatu perusahaan maupun lembaga yang bertujuan agar rencana yang telah dibuat dapat terlaksana dan dapat dicapai sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. STAI NW Samawa Sumbawa Besar merupakan satusatunya Perguruan Tinggi Agama Islam yang ada di Sumbawa Besar. Agar STAI NW Samawa Sumbawa Besar diminati oleh banyak calon mahasiswa baru maka STAI NW Samawa Sumbawa Besar harus bisa menerapkan strategi pemasaran yaitu kepercayaan untuk memilih STAI NW Samawa Sumbawa Besar sebagai pilihan utama. Oleh karena itu strategi pemasaran sangatlah berguna dalam menciptakan tujuan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran, dampak pemasaran dan juga kendala serta solusi dari pelaksanaan pemasaran yang ada di STAI NW Samawa Sumbawa Besar. Subjek penelitian ini adalah Sekap PAI, panitia PMB, Bagian Akademik dan Kemahasiswaan STAI NW Samawa sedangkan obyeknya adalah strategi pemasaran STAI NW Samawa Sumbawa Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan STAI NW Samawa adalah bauran pemasaran (marketing mix) dan telah melakukan kegiatan pemasaran dalam bidang periklanan (advertising), penjualan perseorangan (personal selling), hubungan masyarakat (public relation). Dampak pemasaran yang dilakukan oleh STAI NW Samawa Sumbawa Besar dapat dilihat dari peningkatan jumlah mahasiswa baru di tahun 2019/2020. Kendala pelaksanaan pemasaran ini adalah jauhnya jarak penjualan perseorangan (personal selling) dan belum adanya website resmi kampus serta tidak ada pos anggaran dana pemasaran untuk melaksanakan pemasaran secara maksimal dan berkesinambungan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 AL-Bayan: Jurnal Hukum dan Ekonomi Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Bayan : Jurnal Hukum dan Ekonomi Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Bayan : Jurnal Hukum dan Ekonomi Islam
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NAHDLATUL WATHAN SAMAWA SUMBAWA BESAR-NTB
Jln. Lintas Sumbawa Bima KM 03 Sumbawa Besar 84351 Telp./Fax (0371) 2629618